Rabu, 14 November 2012

serangan virus ILOVEYOU


Heboh serangan virus ILOVEYOU
Sumber: Iptek Net Topik: IT   Tags: virus ILOVEYOU, virus komputer, virus Melissa

Berdasar penjelasan Lab Pengembangan Software Antivirus AVP (Anti ViralToolkit Pro) virus ILOVEYOU telah merasuki jaringan komputer di dunia secara luar biasa cepatnya. Menurut prakiraan awal selama 4 hari sejak hari Kamis 4 Mei y.l. serangan virus telah mengganggu 45 juta komputer dengan nilai kerugian sebesar 10 milyar dollar AS, yang berarti jauh lebih meluas dan merugikan dibanding serangan virus Melissa tahun y.l. Virus ILOVEYOU seperti diketahui menyerang lewat jalur Microsoft Outlook e-mail yaitu fasilitas layanan surat-menyurat elektronik pada browser Internet Explorer. Disamping menyusup lewat e-mail virus ternyata juga menyerang lewat mIRC “chatting” – yang merupakan aktivitas populer bagi pengguna Internet yang senang melakukan mengetik dan berbalas berita secara langsung dan seketika (“on line and real time“). Inilah diantaranya penyebab mengapa serangan virus ILOVEYOU lebih meluas dibanding virus Melissa yang menyebar hanya lewat e-mail.
Tipikal penyebaran virus lewat e-mail pada awalnya biasanya muncul dalam surat kiriman dengan pesan yang nadanya bersahabat dan menimbulkan rasa penasaran. Apabila e-mail terlanjur dibuka maka virus akan mengaktifkan diri dengan merusak file data disamping lalu menyusupi alamat e-mail yang terdapat pada daftar alamat untuk kemudian mengirim sendiri salinan copy pesan asli yang persis sama merusaknya ke berbagai alamat sesuai daftar yang telah disusupi virus.
Langkah dasar pencegahan serangan virus pada komputer :
  1. Jangan membuka e-mail dengan subject “ILOVEYOU” atau “Very Funny”. Ciri teks e-mail ILOVEYOU “kindly check the attached love letter coming from me”. Jangan menjalankan sisipan attachment file “LOVE-LETTER-FOR- YOU.TXT.vbs” Apabila menemukan lampiran yang berisikan permintaan agar mengaktifkan “ActiveX” dari situs yang tidak dikenal. Pilih selalu option “NO” atau batalkan.
  2. Untuk amannya sebaiknya selalu hanya berhubungan dengan situs yang terpercaya, terutama apabila ingin men-download informasi.
  3. . Memasang aplikasi software anti-virus pada sistem komputer dengan selalu memutakhirkan data (“up-dating“) dengan info terbaru.
Terlepas dari situasi bahwa pengguna komputer dan penangkal virus saat ini telah dilakukan intensif para ahli piranti anti-virus terus mengingatkan bahwa sempalan – istilah untuk “copy cat” – varian virus ILOVE YOU masih akan menyerang sampai dengan beberapa hari mendatang. Virus ILOVEYOU belakangan diikuti varian sejenis dengan beberapa nama lain, seperti :
FWD : JOKE, Mother’s Day Order Confirmation.
Bahkan ada yang namanya menjebak seakan merupakan pembasmi virus, contohnya : VIRUS ALERT!!! (dengan attachment : protect.vbs) atau A killer for VBS/Love Mail and VBS/Kak worm (dengan attachment : viruskiller.vbs).
Sebagian ahli malah berkeyakinan bahwa untuk jangka waktu beberapa tahun mendatang serangan virus semacam ini baru akan mencapai klimaksnya dalam hitungan efek daya rusak luar biasa yang diakibatkannya. Menurut data Computer Emergency Response Team (CERT) Universitas Carnegie-Mellon AS yang merupakan partner FBI untuk divisi anti-kejahatan komputer, intensitas frekwensi kejadian maupun kecanggihan penyusupan terorisme dalam dunia komputer semakin hari semakin meningkat dan semakin canggih formulanya. Jika pada tahun 1988 baru terdeteksi adanya kriminalitas yang serius di dunia komputer sejumlah 6 kasus, maka pada tahun 1998 jumlahnya mencapai 3.743 kali serangan. Tahun y.l. 10.000 kali serangan. Dan pada tahun 2000 ini untuk paruh kuartal pertama saja jumlah kasus yang ditangani berjumlah 4.266 kasus. Hingga pantaslah kiranya semua pengguna komputer untuk selalu bersikap waspada diantaranya dengan selalu mengikuti info mutakhir tentang terjadinya kasus serangan virus maupun upaya-upaya penangkalannya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar